VIRAL Masjid di Turki dengan Interior Gambaran Surga yang Membuat Nyaman dan Betah Para Jamaah

 
Di zaman Rasulullah saw, masjid selain berfungsi sebagai tempat ibadah (shalat) juga digunakan sebagai tempat melakukan musyawarah untuk mengambil keputusan-keputusan penting. Bisa dikatakan masjid telah menjadi pusat ibadah dan pusat pemerintahan ketika itu.

Saat ini pun, banyak masjid yang tidak hanya difungsikan untuk tempat shalat semata. Masjid juga difungsikan sebagai tempat kajian, pembinaan baca tulis Al-Qur’an, program bimbingan keluarga, dan lain sebagainya. Bahkan beberapa masjid, menghadirkan ruang perpustakaan, ruang multimedia dan ruang pertemuan yang dapat difungsikan untuk berbagai kegiatan yang bersifat umum.

Banyak yang berlomba-lomba untuk menghadirkan kenyamanan di masjid. Salah satu masjid yang saat ini viral dengan keunikannya ialah Masjid Hamidiye Camii. Masjid yang terletak di kota Kirsehir, Turki ini disebut-sebut memiliki desain interior berupa gambaran surga nan nyaman dan indah.

Masjid Hamidiye Camii ini dibangun di bawah pengawasan Kekhalifahan Utsmaniyah pada tahun 1910 dan nama masjid diambil dari khalifah islam terbesar pada waktu itu, yakni Sultan Abdulhamid II Khan.

Namun, di masa lalu, masjid surga ini sempat dihancurkan pasca runtuhnya Kesultanan Turki Utsmani. Kemudian dibangun kembali dengan rekonstruksi sesuai definisi surga yang digambarkan di dalam Al-Qur’an.

Sang arsitek yang berasal dari Azerbaijan memang dengan sengaja membuat masjid tampak seperti surga yang digambarkan dalam Al-Qur’an. Inspirasinya adalah Alquran surah Al-Baqarah: 22 yang menggambarkan surga sebagai tempat yang asri dan hijau. Hasilnya, interior masjid pun memiliki ilustrasi air terjun yang mengalir, pohon-pohon hijau, tumbuhan dan bunga, rumput (lantai) yang hijau dan segar, serta langit biru yang menghiasi semua ruangan.

Interior demikian tentu akan menjadikan jamaah merasa nyaman dan damai berada di dalamnya.

Sepertinya perlu dicontoh untuk desain interior masjid-masjid di Indonesia ya J






Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "VIRAL Masjid di Turki dengan Interior Gambaran Surga yang Membuat Nyaman dan Betah Para Jamaah"

Post a Comment