Blogspot vs Wordpress: Perbedaan, Kelebihan dan Kekurangannya

Banyal hal yang membedakan antara Blogspot.com dan Worpress.org (custom domain). Bahkan, ada beberapa perbedaan diantara keduanya yang terlihat sangat mencolok. Diantara perbedaaan itu di antaranya:

1. Template
Untuk template, keduanya menggunakan jenis ekstensi yang berbeda. WordPress menggunakan ekstensi jenis PHP, sedangkan Blogspot lebih memilih untuk menggunakan ekstensi jenis HTML (template classic) dan CSS (new template). Namun, keduanya sama-sama memiliki dukungan template GRATISAN yang sama banyak.

2. Plugins
Hal lainnya yang membedakan diantara keduanya adalah masalah dukungan Plugins. WordPress lebih diuntungkan dengan adanya Plugins yang memang sangat membantu. Lihat saja akan keberadaan plugins Akismet yang serta-merta akan langsung memblokir keberadaan komentar yang dianggap SPAM. Ditambah lagi dengan adanya Plugins SEO Pack yang sudah tentu akan membantu penggunanya untuk meningkatkan konten maupun blognya di mata Search Engine. Sedangkan bagi pengguna Blogger.com, hampir semuanya dilakukan secara manual. Untuk komentar SPAM, mungkin bisa diakali melalui proses moderasi terlebih dahulu. Namun untuk SEO? Harus diutak-atik sendiri templatenya.

3. Custom Domain
Untuk custom domain (domain berbayar), Blogspot lebih unggul dari segi biaya. Tanpa membeli paket hosting, pengguna Blogspot masih dapat melakukan custom domain dengan tetap menggunakan Blogspot sebagai media servernya. Sedangkan WordPress, kita wajib membeli paket hosting + domain, jadi biayanya sedikit lebih mahal. Apalagi jika Blognya memiliki trafik tinggi, alhasil hosting yang dipilih harus memiliki bandwidth yang besar. Jika tidak, maka Blog / Web tersebut akan sering DOWN.

Sebenernya ada sih web yang menyediakan hostingan GRATIS, namun fiturnya tidak selengkap hosting berbayar dan bandwidthnya pun sangat dibatasi. Tapi…keuntungan yang akan didapat jika menggunakan hosting berbayar adalah soal kenyamanan. Jika menggunakan hosting berbayar, kita bebas melakukan apa saja tanpa perlu khawatir akan dibanned oleh Blogspot maupun WordPress karena melanggar TOS yang telah dibuat. Selain itu, Blog kita pun lebih terlihat profesional.

4. Fitur
Dari segi fitur, keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dalam hal ini, Blogspot cenderung lebih unggul dari segi penggunaan. Blogspot lebih user friendly sehingga lebih mudah untuk digunakan. Fitur unggulan lainnya dari Blogspot adalah kemudahan dalam mengedit template, yakni dalam mengedit file HTML. Pada tata letak, kita juga diberi kemudahan untuk drag-and-drop. Untuk WordPress cenderung sedikit lebih ribet.

Blogspot juga diuntungkan dari segi monetize Blog. Blogspot langsung terintegrasi dengan Google Adsense dan Amazon, yakni pada menu Monetize. Sementara pada WordPress, tidak ada option tersebut. Namun, pengguna WordPress tetap dapat memonetize Blognya di Google Adsense dan Amazon dengan cara registrasi di situsnya secara langsung.


Kelebihan Dan Kekurangan Blogspot dan WordPress Gratisan
Kelebihan WordPress:
  1. Menu navigasi dasboard sangat dan pengaturannya sangat lengkap.
  2. Tampilan Template standart sangat bagus dan banyak pilihannya.
  3. Templatenya sangat mudah di instal langsung di wordpress.
  4. Proses pendaftaran bisa memakai alamat email lain. ( Gratis )
  5. Tampilan blog WordPress standart pun sangat terlihat profesional.
  6. Membuat dan menghapus blog juga mudah. Sama dengan Blogspot.
  7. Widget Bawaan lengkap.
  8. Terdapat plugin seo dan askismet siap pakai.
  9. Punya fasilitas Site Stats yang berguna memonitor perkembangan blog.
  10. Tombol navigasi editing post sangat lengkap.
Kekurangan WordPress:
  1. Menu Lengkap tapi bisa membuat bingung bagi seorang blogger pemula.
  2. Template premiumnya berbayar dan agak mahal harganya.
  3. Agak lama terindeks search engine google.
  4. Tidak mudah memasang widget program affiliate atau HTML yang lain.
  5. Tidak mendukung Javascript.
  6. Tidak semua widget dari luar bisa terpasang di WordPress.
  7. Template dari luar tidak bisa dipasang kecuali yang versi berbayar,hanya bisa memakai template bawaan gratisan.
Sebenarnya masih banyak yang lain tentang kelebihan dan kekurangan wordpress gratisan. Penjelasan di atas sudah mewakili dari wordpress yang gratisan.
Kelebihan Blogspot:
  1. Simpel dan mudah di operasikan, menu dashbord dan navigasinya sangat mudah dimengerti oleh pemula sekalipun.
  2. Template blog gratisannya sangat beragam jumlahnya mulai dari yang standart bawaan sampai yang beredar di Google.pilihannya sangat banyak,namun banyak juga template blogspot yang berbayar.
  3. Blogspot adalah platform blog buatan google,jadi kita bisa memakai untuk daftar google adsense atau mau memasang berbagai macam SCRIPT HTML
  4. Sangat mudah dan cepat terindeks oleh search engine Google.
  5. Mendukung Javascript, jadi semua widgetbisa kita pasang sesuka hati.
  6. SEO friendly dan gampang di optimasi.
  7. HTML template gampang sekali di edit.
  8. Security juga kuat sekaligus lebih aman karena miliknya google
  9. Servernya juga lebih kuat
Kekurangan Blogspot:
  1. Tampilan Template bawaan blogspot standart.
  2. Edit HTML nya sangat susah bagi ukuran blogger pemula.
  3. Dashbord editing post-nya kurang lengkap. Menulis artikel tidak bisa leluasa sesuai selera.
  4. Layout-nya biasa saja dan sederhana.
Sumber: Narzis

Subscribe to receive free email updates:

13 Responses to "Blogspot vs Wordpress: Perbedaan, Kelebihan dan Kekurangannya"

  1. menarik sekali infonya min, trims :)

    ReplyDelete
  2. Saya pribadi lebih suka pakai WordPress.org karena masalah budget jadi saya memilih blogger dibandingkan WordPress.com.
    Bagi saya jika sama-sama gratis lebih oke Blogger ketimbang WordPress.com, tapi kalau punya budget lebih alangkah baiknya pakai WordPress.org yang kelebihan nya ketimbang kekurangan. Salam senyum mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, semua harus disesuaikan dg kenyamanan kita termasuk dalam hal budget. Makasih sdh meninggalkan komentar

      Delete
  3. Nice Info. Untuk sekarang ini masih nyaman menggunakan Blogspot. 😊

    ReplyDelete
  4. As clients composed in these errors into their location bar they were conveyed to a page brimming with advertisements. At the point when they tapped on these promotions, the domain proprietor was paid a level of the income from each snap, in this manner bringing in cash from the traffic conveyed to each page. https://onohosting.com/

    ReplyDelete
  5. I recently came across your blog and have been reading along. I thought I would leave my first comment. I don’t know what to say except that I have enjoyed reading. https://hostinglelo.in/

    ReplyDelete
  6. There are various kinds of web hosting plans available. We are going to be looking at the two main types of hosting: shared hosting, and dedicated hosting plan. Before breaking the ice, let's find out the meaning of shared hosting and dedicated hosting. https://hostinglelo.in/

    ReplyDelete
  7. This is such a great resource that you are providing and you give it away for free. I love seeing blog that understand the value of providing a quality resource for free. Black satta king

    ReplyDelete
  8. You made such an interesting piece to read, giving every subject enlightenment for us to gain knowledge. Thanks for sharing the such information with us to read this... Disawar satta result

    ReplyDelete
  9. 1 Leading Reliable Best Web Hosting SriLanka They Provide the best web hosting and domain registration services. They give 24/7 Customer Support, Free SSL, Free CDN, NVMe SSD and 99.9% Uptime.

    ReplyDelete
  10. Simply taking a gander at a couple of the websites that are controlled by WordPress as a substance the executives framework (CMS) says everything - WordPress makes constructing a webpage simpler, yet never restricts what you can do.
    WP CTA PRO

    ReplyDelete